23 May 2009

Affiliate Marketing

Ada seorang teman bertanya kepada saya, "giimana sih caranya dapet uang dari internet marketing?"

Saya bilang "salah satunya itu pake affiliate marketing".

Dia bertanya lagi "hah?? Apaan tuh?"

Kira-kira begini penjelasan saya:

Affiliate marketing adalah salah satu cara agar kita bisa mendapatka penghasilan melalui internet. medianya dapat berupa website ataupun blog.

Dalam affiliate marketing ini, kita hanya di bayar klo kita berhasil menjualkan produk baik barang maupun jasa pemilik affiliate tersebut yang disebut juga affiliate merchant.

Gambarannya sperti ini:

Saya bejualan notebook (kerenan dikit :) ), notebook tersebut bukan milik saya sendri melainkan milik bapak Joko (pemilik toko elektronik). Bapak joko berjanji akan memberikan sejumlah komisi kepada saya apabila saya berhasil menjual notebook miliknya. Dan sebaliknya, apabila saya tidak berhasil menjual satupun notebook tersebut maka saya tidak mendapatkan apa-apa.

Nah sistem komisi seperti itulah yang diterapkan di affiliate marketing, gampang kan?

Contoh lainnya itu seperti ini, ada teman anda yang mau menjual sepeda motor miliknya. Sob gw mu jual motor gw nih!

Tolongin gw cari pembelinya dong, klo lo udah dapet pembelinya and motor gw laku, lo dapet persenannya dah!

Nah dalam gambaran situasi ini teman anda meminta untuk mencarikan pembeli, jika anda mendapatkan orang yang mau membeli motor tersebut maka anda akan diberikaan komisi oleh teman anda.

Affiliate marketing itu dapat juga disebut "perantara", "calo", "makelar" atau bahasa kerennya "broker". Jadi harus benar-benar terjadi transaksi atau produk tersebut harus dibeli terlebih dahulu, baru kita dapet komisi. Bukan cuma di klik aja ya..

Itu sedikit gambaran tentang Affiliate Marketing dari saya.

Semoga bermanfaat... amin :)

Note : di akhir penjelasan teman saya hanya mengangguk dan berkata "OOooo" :)

No comments:

Post a Comment